Ciptakan Suasana Negeri Sakura Di Rumah Kamu!!

Desain rumah sangatlah beragam, mulai dari yang saat ini berkembang yakni desain dengan penuh gambar animasi dan kata-kata bijak, hingga desain klasik yang mempertahankan nilai-nilai kekentalan budaya setempat. Disetiap desain yang diusung, akan memberikan nuansa yang berbeda-beda. Misalnya saja kamu mengusung desain interior bergaya Jepang, nantinya suasana yang akan kamu rasakan bersama keluarga tercinta terasa seperti di Negeri Sakura. Nah, bicara mengenai desain interior Jepang, untuk kamu yang tertarik menghidupkan suasana seperti layaknya tinggal di Jepang, simak beberapa tips dari saya bagaimana cara mendesain rumah bergaya Jepang. Berikut penjelasannya.

screen jepang

Elemen Alam

Bawalah suasana alam di hunian kamu. Ini merupakan cara terbaik bagi kamu yang ingin memiliki hubungan kuat dengan alam. Hunian di Jepang sendiri terkenal akan suasana alamnya yang sangat menenangkan. Nah, untuk menghidupkan suasana alam, kamu dapat menambahkan tanaman khas tradisional Jepang, yakni bambu dan bonsai. Selain dua tanaman tersebut, kamu juga dapat menambahkan jenis tanaman lainnya seperti anggrek, ataupun palem. Jangan kamu beri tanaman dengan warna yang mencolok, cukup tanaman yang sederhana, hijau, dan alami. Hunian Jepang juga identik dengan jendela yang besar, sehingga alam dapat dipandang dari segala sisi.

ruang tamu

Pintu

Screen asli Jepang dinamakan Shoji. Yakni suatu elemen desain yang sangat penting dan harus ada di setiap hunian Jepang. Shoji ini dapat menghemat tempat ataupun ruangan. Screen ini terbuat dari kertas transparan yang ditempelkan pada kusen kayu. Namun, dengan perkembangan zaman, Shoji kini terbuat dari panel kaca di dalam grid kayu, dan dapat ditemukan dengan mudah. Kamu dapat membelinya secara online.

ruang tidur

Pintu Masuk

Di Jepang, pintu masuk disebut dengan nama genkan. Yang dimaksud dengan genkan ini adalah area untuk menyambut tamu, dan meletakkan sepatu lalu masuk menggunakan sandal. Di pintu masuk ini, terdapat cabinet atau rak yang dinamakan getabako, dimana untuk tempat sepatu para tamu. Desain pintu masuk kamu secara sederhana dengan menggunakan eleman kayu, dan pencahayaan alami, serta lengkapi dengan unsur batu.

Furnitur

Kamu cukup menggunakan furnitur yang terlihat sederhana. Gunakan warna yang sesuai dengan desain rumah Jepang, yakni berwarna calm seperti warna cokelat. Namun kamu juga dapat mengombinasikan dengan sedikit aksen berwarna. Sehingga tak terlihat mononton, dan lebih menarik pastinya.

ruang meditasi

Ruang Meditasi

Sebaiknya, kamu sediakan ruangan untuk tempat menenangkan pikiran kamu, meminum teh, ataupun melakukan olahraga yoga. Ruang meditasi ini jangan lupa juga untuk kamu tambahkan elemen kayu, yang dimana berfungsi untuk memberikan kesejukkan alami, dan dapat menghilangkan kebisingan yang tentunya sangat mengganggu.

Secara keseluruhan, desain Negeri Sakura ini mengedepankan kesederhanaan, minimalis, dan kebersihan. Elemen-elemen diatas merupakan ciri khas rumah Jepang. Kamu juga dapat menambahkan bath up, dan juga bantal lantai. Sehingga, rumah kamu akan bernuansakan seperti tinggal di Jepang.

Comments are Disabled